fbpx

Buat website yang mampu “mencuri” pelanggan pesaing anda

Ketika membaca tulisan ini, barangkali Anda sedang mempersiapkan sesuatu yang hebat. Sumber daya yang Anda miliki mungkin sudah lebih dari cukup untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor Anda.

Namun biar kami beri tahu suatu hal menarik: tidak seluruh produk maupun layanan terbaik di pasar yang menang. Seperti yin dan yang, selalu ada sisi kekurangan dari produk paling mutakhir yang Anda tawarkan.

Di sisi lain, pasti ada hal positif yang bisa Anda berikan meskipun produk Anda bukanlah yang terbaik di pasaran. Strategi pemasaran yang tepat dapat membantu memenangkan persaingan. Bahkan, tidak jarang, dapat ‘mencuri’ pelanggan kompetitor Anda.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa internet adalah media pemasaran yang efektif. Internet, secara keseluruhan, adalah hutan belantara dan Anda hanya perlu melakukan satu hal untuk mulai membangun fondasi kerajaan bisnis Anda: membuat website.

Memang kami telah sampaikan hal ini ribuan kali dan tidak akan pernah lelah untuk terus mengingatkannya kepada Anda.

Website tersebut dapat Anda gunakan untuk ‘mencuri’ pelanggan kompetitor Anda dengan cara elegan (dan modern, tentu saja). Caranya pun tidak sulit. Anda hanya perlu memperhatikan (serta mengaplikasikan) empat cara membuat website bisnis yang mampu ‘mencuri’ pelanggan kompetitor Anda berikut ini. Tidakkah itu menggiurkan bagi Anda?

1. APA YANG DAPAT ANDA TAWARKAN?

Kami yakin Anda pasti pernah melihat website kompetitor dan merasa bahwa mereka berada selangkah di depan Anda karena telah memiliki website. Hey coba perhatikan lagi, apakah mereka sudah memiliki website yang baik? Barangkali belum. Mereka hanya sembarang membuat website saja. Website yang buruk tidak akan memberikan penjualan yang signifikan dari mesin pencari. Ini adalah kesempatan Anda untuk ‘mencuri’ pelanggan mereka agar beralih ke bisnis Anda.

Pertama-tama, fokuslah pada apa yang dapat Anda tawarkan melalui website Anda. Gali lebih dalam mengenai nilai guna layanan maupun produk Anda. Hasilkan suatu hal yang brilian, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Kata-kata barusan terdengar sedikit berlebihan, memang. Akan tetapi, Anda harus menampilkan keunikan tersendiri pada website Anda. Keunikan yang Anda miliki akan menjadi nilai tambah tersendiri di mata para pelanggan.

2. PERMUDAH AKSES PENGUNJUNG ANDA

Setelah membuat desain website yang memikat, apa yang selanjutnya harus menjadi perhatian Anda? Website yang sulit diakses jelas hanya akan membuat calon pelanggan Anda pergi dengan kekecewaan. Akibatnya, misi ‘mencuri’ pelanggan kompetitor Anda bisa gagal di tengah jalan. Pastikan bahwa website Anda dapat diakses dengan cepat dan mudah. Cara utama untuk memastikan bahwa website Anda dapat diakses dengan baik adalah dengan menggunakan layanan hosting yang kredibel serta berkapasitas memadai. Ini adalah persyaratan dasar jika Anda ingin mempermudah akses pengunjung ke website Anda.

Jika Anda sudah berhasil menemukan sisi unik (dan menarik tentu saja) dari produk ataupun layanan Anda, menyambung poin pertama dalam artikel ini, Anda perlu menampilkannya di tempat yang mudah ditemukan. Namun, ini bukan berarti Anda harus menampilkan semua yang Anda miliki sekaligus pada halaman pertama. Tidak juga memasangnya secara berlebihan dengan beragam animasi serta teks berjalan. Hal ini nantinya malah akan memperlambat loading website Anda.

3. TERUS COBA HAL BARU

Internet adalah ranah yang senantiasa berkembang. Banyak hal baru yang naik unggah setiap detiknya. Membuat website yang dapat ‘mencuri’ pelanggan kompetitor lekat juga kaitannya dengan perkembangan ini. Apakah Anda tahu mengapa Google bisa sedemikian sukses? Mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada di internet. Kami yakin masih ada kompetitor Anda yang tidak sadar akan perkembangan seperti ini. Karenanya. ini adalah kesempatan Anda untuk memenangkan persaingan!

Sebenarnya, persoalan sukses atau tidaknya membuat suatu website yang mampu ‘mencuri’ pelanggan itu sifatnya by case, alias tiap website memiliki permasalahan serta solusinya masing-masing. Belum tentu formula yang Anda temukan dapat 100% bekerja pada produk kompetitor Anda. Pun demikian sebaliknya. Oleh karena itu, selalu coba terapkan hal baru pada website Anda.

Tujuannya agar Anda tahu mana yang berhasil dan mana yang sama sekali tidak perlu digunakan. Istilah kerennya, A/B Testing. Dari sini, Anda dapat melihat bagian mana yang masih perlu dikembangkan dari website Anda. Jangan gunakan asumsi. Lihat hasilnya secara ril dan aplikasikan. Selalu percaya bahwa masih ada ruang untuk berkembang, bahkan melampaui apa yang dapat Anda bayangkan tentang bisnis Anda.

4. DENGAR & RASAKAN APA YANG DIINGINKAN PARA PELANGGAN

Dalam rangka ‘mencuri’ pelanggan kompetitor, Anda perlu mendengarkan mereka (dan pelanggan Anda sendiri tentu saja) dengan seksama. Suara pelanggan ini seperti suara Raja. Mengapa? Karena tanpa adanya pelanggan setia, suatu brand tidak akan pernah bisa bertahan lama.

Berikan apa yang mereka inginkan dari produk Anda. Berikan juga apa yang tidak mereka dapatkan dari produk kompetitor Anda.

Media sosial dapat menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk mendengar apa yang mereka inginkan. Syarat utamanya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuat website serta bisnis Anda aktif di media sosial terlebih dahulu. Dari sini pula Anda dapat berbagi promo sekaligus ‘bertarung’ secara head to head dengan kompetitor Anda di platform yang sama.

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat website. Sudahkah Anda melakukannya?

Tim ahli pembuatan website kami di Astanaweb Media siap membantu Anda! Hubungi kami melalui formulir kontak pada halaman ini atau silakan melalui panggilan telepon di nomor 0822-4121-0940 untuk memulai.



Leave a Reply

7 + seventeen =

error: Content is protected !!